Home » Si Kecil » Mencegah Agar Anak Tidak Manja

Mencegah Agar Anak Tidak Manja

Si Kecil, Tips On May 13th, 2014 474 0

Mencegah Agar Si Kecil Tidak Manja
Banyak orang tua tersiksa karena balita yang manja. Mereka merengek untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kalau ini terjadi di tempat umum, biasanya orang tua gampang menyerah dengan memberikan keinginan si anak, hehehe…

 

Hati-hati, sikap ini bisa terpupuk hingga dewasa lhoo buibu. Anda tidak mau kan si kecil tumbuh menjadi manja sepanjang usia?

 

 

1. Kompak

Anak manja berawal dari orang tua yang tidak bisa menjadi pemimpin dalam keluarga. Ingat, anak meniru orang tua. Kalau tak ingin anak manja, siapkan diri menjadi orang tua yang berkomitmen untuk tidak memanjakan anak ya buibu. Dalam hal ini, ayah dan ibu harus kompak dan satu suara. Tidak boleh ada keputusan yang berbeda antara ayah dan ibu. Sepakat? 😉

 

2. Komitmen

Anak usia balita itu senang mengecek sampai mana ia bisa “berkuasa”. Gak heran kalau anak balita kerap kali manipulatif. Tangisan, rengekan hingga sikap dramatis di swalayan hati-hati buibu itu bagian dari taktik, hehe. Kalau hal ini terjadi, jangan panik. Tetaplah teguh memegang keputusan untuk enggak memberikan mainan yang ia inginkan karena si kecil sudah punya banyak mainan.

 

3. Komunikasi

Komunikasikan dengan jelas apa yang Anda harapkan dari si kecil. Misalnya, Anda ingin si kecil bisa membereskan mainannya sendiri. Maka bicaralah dengan jelas apa yang Anda inginkan. Beritahu si kecil alasan kenapa ia harus mengerjakan tugasnya. Tidak perlu galak yaaa, tapi tegas.

 

4. Konsisten

Kalau Anda memutuskan balita boleh bermain games konsol hanya satu jam per hari, maka konsisten lah dengan aturan itu. Begitu juga dengan aturan yang Anda buat untuk diri Anda. Biasakan punya agenda keluarga yang bisa dilihat oleh setiap anggota keluarga. Kalau minggu ini tugas ibu untuk membersihkan dapur, maka lakukan. Dari situ anak akan melihat Anda. Anak akan mengikuti dan mencontoh apa yang Anda kerjakan/lakukan, bukan sekedar apa yang Anda ucapkan lho buibu qiqiqi 😀

 

5. Jangan menyuap

Jangan “nyogok” anak, maaf ini bukan cara yang tepat buibu 🙁

Misalnya saat dia berulah dengan menangis kencang super dramatis di toko serba ada, Anda tidak boleh membujuknya dengan cara menyuap. Jangan pernah berkata “Diem yuk, nanti Ibu belikan pizza.” Cara ini akan mengajarkan anak bahwa ia bisa menggunakan trik cengeng untuk mendapatkan keinginannya sekaligus mengajarkan pada anak hal yang kurang baik.

 

Semoga tips dan saran ini bermanfaat yaa buibu 🙂

Leave Your Comment

Your name *

Your website

Comment *

* Required Field

  • Menebus Impian

  • Gabung yuk

    Ingin punya bisnis sendiri?
    Ingin punya penghasilan tambahan?
    Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!

    Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!


    PERHATIAN!
    Penting Untuk Anda Ketahui!
    Setelah mengisi form dan melakukan konfirmasi, Anda akan menerima beberapa email berseri selama beberapa minggu kedepan yang menjelaskan secara langsung maupun tidak, hal-hal mengenai bisnis Oriflame bersama d'BC Network.

    Dari mana anda mendengar tentang website ini?
    Kami menjaga kerahasiaan data anda
    *for non Oriflame members only
    ©copyright d'BCN